TOXOPLASMOSIS

Cetak

Penyebab : Toxoplasma gondii. Habitat T. Gondii: anjing, kucing, tikus, burung, ayam, kerbau, sapi , babi, domba atau kambing. Penyakit ini dapat ditularkan kepada manusia. Manusia dapat terkena infeksi jika menelan ookista yang mencemari makanan atau dengan cara lain.

Gejala : nyeri pada kelenjar limphe yang membesar, dapat disertai pneumonia, polimiositis dan miokarditis, serta limphafingitis. Jalannya penyakit akut atau menahun.

Cara penularan :

  1. Daging mentah / kurang matang (kista)
  2. Buah/ sayur mentah yg tidak dicuci bersih (ookista)
  3. Kontak dengan benda yang tercemar (ookista)
  4. Janin terinfeksi dari ibu (kista)

Hewan kucing merupakan tempat utama bagi kuman Toxo berkembang biak, sementara di tubuh hewan lain dan manusia hanya merupakan tempat perantara saja. Seekor kucing dapat menghasilkan 10 juta kuman Toxo setiap hari selama 2 minggu. Kuman ini dapat hidup lebih dari satu tahun di tanah atau tempat yang lembab, akan tetapi mudah mati jika disiram dengan air mendidih.

Penularan Toxoplasma

Toxoplasmosis pada manusia :

  • Terjadi karena tidak sengaja menelan makanan yang dicemari oleh kuman Toxo, baik pada sayuran maupun daging hewan yang tidak dimasak dengan matang.
  • Seorang bayi yang masih berada dalam kandungan dapat terkena infeksi Toxo dari ibunya yang kebetulan sedang menderita infeksi Toxoplasmosis.
  • Penularan dapat juga terjadi dari donor ke penerima pada proses transfusi darah dan pemindahan organ tubuh ( transplantasi)
  • Pada seseorang dengan daya tahan tubuh yang lemah akan rentan terkena infeksi ini jika lingkungan sekitarnya banyak terpapar kuman Toxo.

Fakta pengamatan :

Pencegahan penyakit Toxoplasmosis :

  1. Jangan makan daging mentah / setengah matang
  2. Tinja kucing dibakar/ disiram air panas/ dibuang dalam plastik ke tempat sampah
  3. Mencegah kontaminasi dari lalat dan kecoa
  4. Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, setelah memegang daging mentah
  5. Pakai sarung tangan saat berkebun

Pengaruh terhadap kehamilan :

Pengaruh Toxoplasma
  • Penyakit dapat menular kepada janin dengan akibat: abortus, partus prematurus, dan IUFD serta meninggikan kematian neonatal. Dapat terjadi cacat bawaan; hidrochepalus mikrochepalus, anensefalus, meningo ensefalitis. Dan kelainan pada mata. Bahkan dapat menyebabkan hidrops.
  • Pengobatan yang tepat belum di ketahui. Obata-obatan yang diberikan adalah kemasan sulfa.

 

Komentar

Tampilkan/Sembunyikan Form Komentar